Ulasan Game Ekspansi Mortal Kombat 1 – Khaos Reigns

Netherrealm Studios pada tahun lalu telah mengambil keputusan yang sangat kontroversial di mana franchise game fighting yang menjadi andalannya telah ditambahkan kode angka satu dan menjadi  Mortal Kombat 1. Walau banyak pro dan kontra, namun tim Netherrealm Studios tetap bersikukuh dengan pendiriannya untuk remake semesta game Mortal Kombat mulai dari awal tujuan supaya para pendatang baru dapat masuk ke dalam franchise game ini tanpa harus ikut trend FOMO apabila belum pernah bermain seri sebelumnya.

Mengulang kultur yang sudah dilakukan terdahulu di Mortal Kombat 1 disingkat MK1 telah merilis ekspansi dengan cerita baru dan bakal meneruskan cerita sebelumnya dari Base Game-nya yang diketahui berakhir masih menggantung. Mengusung tema “Khaos Reigns” sebagai judulnya, apakah ekspansi ini pantas untuk dibeli dengan harga paling rendah 790 ribu? Lengkapnya silakan disimak terus tulisan ini

Game tarung bergaya modern ini memiliki tradisi setiap kali merilis update terbaru seperti terdapat karakter, mode, alur cerita baru serta fitur baru atau hanya sekedar penyeimbang dari gameplay secara berkala demi memperpanjang umur dari game ini. Netherrealm Studio dalam hal ini sudah sangat ekspansi secara masif untuk game Mortal Kombat 1 Khaos Reigns yang mana terdapat enam karakter DLC baru dan disi dengan cerita tambahan yaitu melanjutkan cerita yang menggantung dari seri Base Game sebelumnya.

Dari kehadiran enam karakter DLC tersebut, tiga di antaranya masih membawa karakter lama dan sudah muncul dari game di versi sebelumnya, yaitu Sektor, Cyrax dan Noob Saibot. Ketiganya dirilis secara bersamaan tepat pada tanggal 19 September 2024. Semenjak diumumkan, telah menjadi sorotan utama dalam cerita tambahan ini. Sementara tiga karakter DLC yang lain adalah karakter tamu dan masih baru yaitu T-1000 Ghostface dan Conan The Barbarian, akan tetapi belum ada kabar kapan dirilisnya.

Bila kamu sudah pernah menyelesaikan cerita utama di seri Base Game sebelumnya, maka kamu bakalan mengetahui diperkenalkan konsep Multiverse dalam cerita Mortal Kombat tersebut. pada akhir cerita, karakter Titan Havik tiba-tiba muncul dari dimensi lain dan langsung menginvasi dimensi Fire God Kepunyaan Liu Kang.

Cerita di dalam ekspansi Khaos Reigns ini, terbilang sangat singkat Ketika dimainkan, karena dapat diselesaikan hanya dalam waktu dua jam saja. Jumlah chapternya yang bisa dimainkan adalah 5 chapter, di mana pada tiga chapter pertama bakal berfokus di karakter DLC yang baru, seperti Sektor, Cyraxdan dan Noob Saibot. Seperti diketahui, ketika di Mortal Kombat 9, Cyrax dan Sektor adalah karakter yang dibuat sebagai ninja cyborg dengan jenis kelamin laki-laki. Namun, ada yang berubah di mana Cyrax dan Sektor dibuat sebagai wanita dan menggunakan baju zirah dengan teknologi canggih. Sementara, Karakter Noob Saibot masih diperankan oleh Bi-Han sama dseperti versi yang sebelumnya.

Kami tidak akan membocorkan seluruh plot cerita dari game MK1 ini lebih banyak lagi karena bisa menjadi spoiler untuk kamu. Namun, konsep cerita Multiverse yang diusung dalam game, sepertinya sudah melenceng dari pakem Mortal Kombat vesi sebelumnya. Justru itu kami mengingkan konsep cerita yang hanya berfokus pada turnamen Mortal Kombat, sehingga ketika sedang bertarung hidup dan matinya akan sangat terasa.

Poin dari cerita MKII Khaos Reigns sebetulnya ingin menggali lebih jauh tentang hubungan saudara antara Bi-Han (Sub-Zero) dan Kuai Liang (Scorpion) yang retak dan diketahui terbagi menjadi dua kubu. Jadi Cyrax dan Sektor menjadi kebingungan harus berpihak ke siapa. Di lain sisi, karakter dari Titan Havik yang diplot sebagai tokoh antagonis yang malahan peranannya dianggap kurang mendalami cerita yang seharusnya dan terkesan sebagai figuran atau pelengkap saja.

Pastinya kualitas dari cerita Khaos Reigns secara keseluruhan sangat jauh sekali dari cerita Base Game sebelumnya dan terlihat hanya melibatkan karakter dengan jumlah sedikit dari semestanya. Lalu konsep Multiverse yang ditunjukan pada game ini dianggap melenceng dan tidak terarah, terksean hanya sekedar mengikuti FOMO dari tren di dunia film Marvels. Padahal game Mortal Kombat 1 ini tidak harus dijadikan tema Multiverse. Jika konsep ini terus bertahan seperti yang sebelumnya, yakinlah seluruh ceritanya bisa terus menarik.

Dengan harga setara dengan game AAA, dengan membeli ekspansi dari DLC Khaos Reigns ini bukanlah keharusan yang harus dibeli. Mengingat sebentar lagi akhir tahun, biasanya akan banyak promosi game-game bagus dengan harga lebih murah. Jadi, sebaiknya disimpan saja uang kamu untuk game yang memang layak untuk dibeli. Jika Anda tetap ingin membeli DLC ini, setidaknya tunggu sampai mendapatkan diskon besar, minimal 50%.